Headlines News :
Home » » Hasil Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan 2013

Hasil Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan 2013

Written By Unknown on Selasa, 09 Juli 2013 | 11.35

Sobat FUMI bulan Ramadhan telah tiba, bulan yang penuh dengan obral pahala dan diskon dosa. Dalam hitungan jam lagi maka kita sebagai ummat islam akan memasuki hari pertama bulan ramadhan, seperti yang kita ketahui, di dalam islam awal hari dimulai sejak datangnya malam, kenapa bisa begitu?? tidak seperti pada masehi, penentuan hari, bulan dan tahun di dalam Islam ditentukan berdasarkan peredaran Bulan bukan Matahari sehingga awal hari dimulai saat malam tiba. Sehingga untuk menentukan awal dari suatu bulan qomariyah, Rasulullah.SAW dan generasi sahabat menggunakan metode Rukyah yaitu melihat bulan, singkat cerita Rasulullah dan para sahabat mencari penampakan bulan paling awal yang paling mungkin bisa dilihat pertama kali(Hilal) setelah bulan melalui fase bulan mati/Ijtima'(Konjungsi), ketika terlihat maka malamnya kita akan memasuki awal bulan. Metode ini dilakukan untuk menentukan semua bulan qomariah, termasuk bulan ramadhan, sehingga dalam penentuan awal ramadhan di zaman Rasulullah dan sahabat, harus menunggu tampaknya hilal.


Seiring perkembangan zaman dan teknologi, maka metode penentuan awal bulan qamariyah juga semakin berkembang, salah satunya dengan adanya metode Hisab. Metode Hisab merupakan metode yang menggunakan perhitungan matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan, perhitungan di dalam metode ini berdasarkan data-data atau penampakan hilal-hilal dimasa lalu, sehingga kemudian dibuatlah sebuah perhitungan berdasarkan data tersebut untuk menentukan posisi-posisi bulan diwaktu-waktu yang akan datang, bahkan 100 tahun yang akan datang sudah bisa diperkirakan. Kemudian ada satu metode lagi yaitu metode Imkanur-rukyah, praktisnya metode ini merupakan metode yang menjembatani kedua metode di atas tetapi dengan kriteria khusus.

Berbicara penentuan awal ramadhan maka kita akan juga berbicara tentang sidang isbat, yaitu sidang penentuan awal ramadhan. Pada sidang isbat penentuan awal ramadhan tahun 2013 ini yang telah dilaksanakan kemarin sore didapat kesimpulan bahwa Sya'ban digenapkan 30 hari karena hilal belum terlihat di berbagai negeri, artinya awal puasa akan jatuh pada hari rabu tanggal 10 Juli 2013. Akan tetapi karena berbedanya metode yang digunakan oleh masing-masing ormas islam di Indonesia maka pada tahun ini lagi-lagi puasa tidak terjadi secara serentak. Tapi perbedaan ini janganlah kemudian dijadikan sebagai alasan terjadinya perpecahan ummat, karena masing-masing metode telah mempunyai dalilnya masing-masing yang shahih. Itulah yang bisa kami sampaikan perihal penentuan awal ramadhan tahun ini, semoga dibulan ini bisa menjadikan kita sebagai hamba yang semakin taat kepadanya, . . .
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Pengikut


 
Support : Creating Website | FUMI Template | FUMI Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. FUMI - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by FUMI Template